Powered by Blogger.
RSS

Tersentuh untuk kedua kalinya (Memories of IWC 3) Part. 1


Bukan berita baru lagi kegiatan ini bagikku. Sejak dua tahun yang lalu aku sudah mengetahui kegiatan yang digalang oleh Leprosy Care Community University of Indonesia (LCC UI) ini. Meski begitu, aku baru bisa mengikuti International Work Camp tahun lalu, sebagai campers from Indonesian. Dan tahun ini, Alhamdulillah aku dipercayakan oleh Dwi untuk menjadi Kitchen Police di IWC 3 ini.
Sejak dua tahun lalu IWC dilaksanakan di Panti Rehabilitasi Orang yang Pernah Mengalami Kusta, Nganget, Tuban, Jawa Timur. Nganget merupakan sebuah desa yang cukup terpencil, dimana kalo kita mau masuk ke sana kita mesti berjalan kira-kira 3-4 km dari jalan raya utama. Selain letaknya, warga yang tinggal di Nganget merupakan orang yang pernah mengalami kusta, keluarga mereka, dan pengurus panti rahabilitasi. Tidak banyak orang yang bersedia datang ke Nganget, selain jauh, kebanyakan orang takut untuk mendatangi kampung yang dikenal dengan kampung orang yang pernah mengalami kusta.
Seperti yang dikatakan orang, ahli, atau penyebar berita, banyak sekali orang yang takut dengan orang yang pernah mengalami kusta. Kusta memang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, dan sampai sekarang kecacatan yang diakibatkan kusta tidak bisa di tanggulangi. Karena itu, banyak penderita kusta yang tidak sempurna secara fisik. Tentulah tidak aku pungkiri juga keadaan seperti itu memang tidak enak dilihat. Tapi disini bukan itu point nya. Point yang sangat penting adalah masyarakat “normal” banyak sekali yang memiliki persepsi yang salah tentang kusta.
Persepsi yang paling fatal adalah  kusta itu mudah menular. Kusta memang penyakit menular, tapi tidak mudah menular. Waktu penularannya sangat lama dan faktor resikonya tidak banyak. Dari data yang pernah aku tahu, hanya 5% orang yang bisa tertular kusta dan 95% lainnya adalah orang yang sudah kebal terhadap kusta. Jadi amat sangat disayangkan kalo persepsi seperti ini tidak banyak dimiliki oleh masyarakat, karena menurutku, jika persepsi ini sudah baik, maka pengucilan, penghardikan, atau bentuk diskriminasi lainnya akan berkurang secara signifikan terhadap orang yang pernah mengalami kusta.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: