Powered by Blogger.
RSS

PJK dan Hipertensi part 1

Sedikit Ringkasan tentang Penyakit Jantung dan Hipertensi:

1. Suatu penelitian yang dilakukan oleh Klinik Riset Lipid di Amerika Serikat menemukan bahwa terdapat korelasi yang sama antara kadar kolesterol darah dan resiko penyakit jantung. Penelitian ini menemukan bahwa untuk setiap penurunan 1% kadar kolesterol darah, maka akan terjadi penurunan resiko timbulnya penyakit jantunng sebesar 2%. (1)

2. Hipertensi merupakan faktor resiko primer untuk timbulnya penyakit jantung dan stroke. Hipertensi juga disebut the silent killer karena tidak ditemukan tanda-tanda fisik dari tekanan darah tinggi. metode satu-satunya untuk mendeteksi penyakit ini adalah dengan skrining tekanann darah.  (1)

3. Empat faktor risiko utama yang berkaitan dengan penyakit jantung : Kadar kolesterol darah yang meningkat, kadar kolesterol LDL yang meningkat, merokok dan hipertensi. Faktor resiko lainnya meliputi: Stess yang berlebihan, tipe kepribadian, kurang olahraga, diabetes, obesitas, kadar tigliserid darah meningkat, riwayat penyakit jantung dalam kelurga, usia yang makin meningkat, jenis kelamin pria, jenis kelamin wanita, post menopause. (1)

4. Diet yang sehat dapat membantu mencegah faktor-faktor resiko utama penyebab penyakit jantung. Doet juga mampu mencegah beberapa faktor resiko lain, termasuk diabetes, kadar gliserid yang meningkat, dan obesitas. (1)

5. 40% kematian pada laki-laki antara umur 45-64 tahun di dunia disebabkan oleh PJK. (2)

6. PJK sering disebut "penyakit pada pria" karena dibandingkan dengan wanita pada umur yang sama, laki-laki memiliki resiko 3-5 kali untuk mengalami kematian dibawah umur 50 tahun. Tapi setelah diatas umur 50 tahun atau setelah mengalami masa menopause, wanita akan memilki resiko terkena PJK hampir sama besar dengan laki-laki. (2)

7. Ada banyak faktor resiko untuk Hipertensi, yaitu umur, jenis kelamin, hereditas, psikologi, stress, kebanyakan intake garam, alkohol dan kopi, obesitas, dan life style, riwayat keluarga (?), kelas sosial, merokok, diet, kurang tidur. (2)


DAFTAR PUSTAKA
(1) (Hull, Alison (diterjemahkan oleh Dr. Wendra Ali0. 1996. Penyakit Jantung, Hipertensi, dan Nutrisi. Jakarta: Bumi aksara)

(2) Patel Chandra. 1995. fighting heart disease. London: Dorkling Kindersley

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: