Powered by Blogger.
RSS

Refleksi dari Lahir hingga Sekarang

#16 September 2012



Dua puluh satu tahun yang lalu, pukul 23.56 WIB, lahirnya aku sebagai little Rini. Sedikit bercerita, awalnya namaku bukan Rini loh. Namaku adalah Asih. Tapi karena tetangga pada bilang kalo namanya Asih ntar dikira Air Susu Ibu (ASI). Jadilah namaku diganti jadi Rini. Nama Rini diambil dari nama seorang remaja di desa tempat ayah dulu ditugaskan. Rini itu rajin, shalehah, baik, ramah, suka senyum, cerdas, dan cantik. Ayah berharap aku bisa menjadi seperti dia. Sedangkan Handayani diambil dari Tut Wuri Handayani yang artinya kalo gak salah dari belakang memperhatikan dan memberi dorongan yang baik, ini karena Mami adalah seorang guru.


Ini adalah fotoku saat sedang liburan ke Palembang sekaligus mendatangi wisuda D3 keperawatan Ayah. Ayah memang baru diwisuda, mungkin sedikit aneh. Jadi Ayah itu dulu merupakan mahasiswa IPB, Ayah kuliah di IPB dengan hanya bermodalkan kepintarannya (jalur PMDK loh), karena keluarga Nenek sangatlah miskin. Setiap hari Ayah bisa dikatakan makan dari bantuan teman2 satu kuliahnya. Ayah tetap gak nyerah pada mimpinya awalnya, hingga semester 6 Ayah harus menyerah di IPB (karena biaya) dan memilih mengambil D3 keperawatan di Palembang. Begitulah.. (He is My Inspiration). Di dalam Foto ini, aku masih SD, mungkin sekitar kelas 2/3. Kelihatan banget ya "pendiam"nya. :D. BTW, itu aku sama I'ut (Nia), adekku yang kedua. ^^


Ini fotoku saat aku liburan kelas 6 SD. jadi, sebelum itu aku dan keluarga berangkat ke Medan, untuk menghadiri Wisudanya Ayah lagi (S1 Kesehatan Masyarakat) di USU. Setelah wisuda, kami sekeluarga liburan ke Duri (Riau), ke rumah saudara. Kami berkunjung ke Dumai, tempat pangkalannya kapal tanker yang bawa minyak berlabuuh. Di foto ini aku gak senyum sama sekali, soalnya awalnya itu aku lagi lihat ke arah laut, terus ayah manggil aku, jadilah fotonya seperti ini.. hahahahaaa

Aku gak punya foto saat SMP, bukan gak punya sih tapi gak tahu dimana.. hahahaa ^^
FYI, aku SD di SD Negeri 81 Kota Bengkulu dan SMP di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu.


Ini fotoku saat SMA, bersama teman-teman kelas XI IPA 1. Aku bersekolah di SMA N 3 Kota Bengkulu. Saat-saat di SMA merupakan saat yang cukup membahagiakan. banyak events yang aku ikuti, misalnya dari lomba kebersihan kelas dimana kita ngecat tembok kelas menghiasnya dgn bagus, teerus lomba melukis di tembok sekolah, dan juga ikut di berbagai lomba keilmuan seperti Olimpiade Matematika, Olimpiade Kimia, dan Lomba Undang-Undang Dasar tahun 1945 dimana bukan cuma undang2 aja tapi TAP MPR, PerPres dan sejenisnya. Prestasi terbesarku selagi di SMA adalah Juara 2 Lomba UUD tahun 1945 tingkat Kota. heheheee baru nyadar ternyata aku lumayan juga yaaa...


In foto saat aku kelulusan SMA. Kalo ingat masa ini, adalah hal yang paling sedih sekaligus membahagiakan. Pada bulan Februari atau Maret gitu ada pengumuman PMDK UI dan alhamdulillah aku kepilih masuk UI. Seneng banget rasanya. Cuma, di  sana aku tidak punya keluarga yang dekat, terus gak ada kakak kelas juga (aku siswa pertama yg masuk  UI dari SMA ku), dan itu agak mengkhawatirkan bagi Mami. Tapi setelah dipertimbangkan baik-buruk dan kemampuan ku. akhirnya semua setuju untukku melanjutkan studi di UI. Hm, ya aku bisa kuliah dengan kemampuanku sendiri dan dorongan dari orang-orang disekitarku.. makasih terucap dari hatiku yang terdalamatas kepercayaannya..


Ini adalah moment ketika masih menjadi MaBa di UI. Aku merupakan mahasiswi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, jurusan Kesehatan Masyarakat dan sekarang peminatan Epidemiologi. Alasan aku masuk FKM dan Epid, adalah karena Ayahku. Mungkin karena aku terlalu mengagumi ayahku. hahahaaa ada yang bilang aku Father Complex alias mengagumi ayah sendiri dan emang hobby membandingkan cowok disekitarku dengan ayahku dan termasuk orang yang paling hobby mengatakan "kata ayahku...".  ^^


Ini adalah foto Forkat (Forum Angkatan) Asrama UI 2009. Tinggal di asrama UI merupakan pilihan yang paling tepat untuk orang seperti aku. Disana aku bisa beradaptasi dan mengenal banyak orang. Di Forkat 2009, aku menjadi Bendahara Umum. Ini gak terlepas juga dari Nilam, ketua putri forkat yang berdarah minang, dia yang mengenalkan aku pada forkat dan mengajukan aku sebagai bendahara umum. Di Forkat, aku bisa merasakan suasana kekeluargaan, suasana yang aku rindukan.

(Danus BEM IM FKM UI 2010)

(Danus BEM IM FKM UI 2011)

Ini adalah pengalaman pertamaku berorganisasi di lingkungan kampus, ya sebagai staff Dana dan Usaha BEM IM FKM UI 2010. Menjadi staf Danus adalah memang keinginanku, karena itu adalah hal yang bagiku penting. Kesehatan dan Keuangan, bukankah itu hal yang perfect? ^^ Aku menjadi staf Danus selama 2 tahun, dengan kata lain aku adalah staf danus di tahun 2011 juga.


Ini adalah keluarga ku di Episentrum (Epidemiology Student Forum) 2011. Ini adalah pertama kalinya aku dipercaya sebagai Pemimpin di sebuah organisasi. Alhamdulillah, aku sudah melewatinya. Semua anggota Episentrum 2011 merupakan mahasiswa Epidemiologi tahun 2009. Aku akan belajar (secara akademis) bersama mereka hingga tamat kuliah, tapi mungkin aku akan belajar mengenai kehidupan hingga raga ini menyatu dengan tanah-Nya.


Ini adalah teman-temanku di SOV (School of Volunteers) UI. Sebenarnya ada banyak sih anak SOV, cuma aku gak punya banyak fotonya.. hahahhaaa. Ini saat kita sedang pelatihan lapangan SOV 4. Saat itu, aku menjadi Sekretaris Umumnya. Aku menyukai teman-teman di SOV. mereka banyak memberikanku pelajaran ataupun pemikiran lain. Mereka mengajariku untuk melihat kebanyak pintu, bukan hanya terpaku pada satu atau dua saja.


Ini Saat aku mengikuti International Work Camp 2 LCC UI. Disini aku banyak beertemu oran-orang. dengan berbagai macam karakter. Aku sangat suka mengikuti kegiatan ini, meski agak lelah. Masyarakat Nganget adalah Masyarakat yang sangat aku kagumi. Mereka mengajarkan aku tentang bagaimana memandang kehidupan dan menerima semua yang diberikan oleh-Nya.


Ini saat aku mengikuti Youth Camp  Global Citizen Corps. Kita ke sawah. Ini pertama kali aku ke sawah di Pulau Jawa.. hahahaa kampungan banget ya.. Saat itu aku belajar banyak hal..


Ini aku, teman2 Indonesia dan teman2 Jepang di International Work Camp 3 LCC UI. Selain campersnya yang beda, peranku juga beda. di IWC 2 aku sebagai campers, di IWC 3 aku sebagai PT (kithchen Police). Tempatnya masih sama di Nganget. Bertemu untuk kedua kalinya dengan warga Nganget beneran membuat aku dapat lebih merasakan keberadaanku disana.


Ini saat aku ulang tahun ke-21. Selang beberapa menit setelah tanggal berganti menjadi 16. Aku merayakannya bersama keluarga LCC UI. Hari itu aku dan Ncan Onni merayakan ultah kami bersama. Ncan Onni ulang tahun tanggal 4 September. Terima kasih banyak buat Afif, yang belakangan aku tahu dari teman-teman yang mengingatkan mengenai ulang tahunku. Esok paginya aku dan beberapa keluarga LCC UI karaokean bareng di Naff. Kemudian kita makan siang bareng di Food Court Detos. Saat yang menyenangkan.

Hari ini adalah hari kebahagiaan sekaligus hari perenungan. Ya, hari ini, hari Ulang tahunku, yang artinya gak banyak lagi masaku di dunia ini. Apa yang sudah aku lakukan, apa yang belum aku lakukan. Aku berpikir tentang banyak hal. Aku memikirkan hal di masa lalu dan masa depan.Sungguh! Aku berbahagia hari ini ya Allah. Semoga Engkau selalu menyertaiku di setiap langkah-langkah kecilku dan bahagiakanlah semua orang yang ku sayangi, bantulah mereka jika mereka mengalami kesulitan di dunia dan di masa setelah dunia, dan maafkanlah segala dosa-dosa kaum muslimin dan muslimat, saudara dan saudariku di seluruh dunia. Aamiin.. ^^

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: